Tips Pengajuan Kredit Mobil Bekas

Bukan hanya mobil baru saja yang dapat dibeli secara kredit namun anda juga bisa kredit mobil bekas yang saat ini sudah banyak ditawarkan untuk para pelanggan. Banyak orang yang lebih memilih untuk membeli mobil bekas secara kredit karena harganya yang lebih murah dibandingkan mobil baru. Penjualan mobil menjadi peluang bisnis yang menggiurkan terutama kredit mobil bekas.

Tips Pengajuan Kredit Mobil Bekas

Apabila anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, anda harus mempertimbangkan banyak hal mengingat sebuah mobil bekas memiliki kondisi dan cara perawatan pemiliki sebelumnya yang berbeda-beda. Agar tidak salah memilih, berikut terdapat beberapa tips untuk anda yang ingin kredit mobil bekas :

1. Memilih Mobil

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum melakukan kredit mobil bekas adalah menentukan jenis atau tipe mobil yang akan di kredit.  Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan bukan mobil sesuai keinginan. Mobil yang anda kredit harus disesuaikan dengan batas kemampuan finansial untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya seperti kredit macet dan penarikan mobil oleh kreditur.

2. Uang Muka

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jumlah uang muka, ini berlaku bila anda akan membeli sebuah mobil secara kredit melalui leasing, baik itu mobil bekas maupun mobil dalam kondisi baru. Pastikan anda memiliki sejumlah dana yang cukup sebagai uang muka, jumlah ini akan sangat berpengaruh pada jumlah cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

3. Suku Bunga

Ini juga merupakan salah satu komponen yang patut anda pertimbangkan, di mana hal ini akan secara langsung mempengaruhi nilai beli keseluruhan dan nilai cicilan bulanan yang akan anda bayarkan. Dalam perhitungan bunga cicilan, semakin lama jangka waktu cicilan yang anda ambil, maka akan semakin besar pula bunga cicilan yang harus dibayarkan.

4. Lakukan Survei

Saat akan membeli sebuah barang, maka survei adalah sebuah hal yang wajib dilakukan, terutama bila anda akan membeli sebuah barang yang bernilai cukup besar. Melakukan survei akan memberi anda peluang untuk mendapatkan harga terbaik dan mencegah mengalami kerugian atas pembelian yang sudah dilakukan.

Survei yang harus dilakukan yaitu pergi ke sejumlah dealer yang cukup terpercaya dan memiliki kredibilitas baik, bila tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai mobil, maka tidak ada salahnya kita mengajak serta saudara atau teman yang memiliki pemahaman yang cukup dalam hal ini.

Biasanya pihak dealer akan memberikan referensi mengenai leasing yang bisa digunakan sebagai lembaga pembiayaan kredit yang akan diajukan. Pahami dengan benar aturan dan ketentuan yang mereka terapkan dalam kerja sama tersebut. Anda juga bisa memilih dan menentukan sendiri jasa leasing tertentu yang memang dianggap paling baik dan layak untuk digunakan.

5. Hitung dan Pertimbangkan

Saat akan membeli sebuah mobil dengan sistem kredit, anda juga harus melakukan perhitungan dan pertimbangan yang matang. Bila perlu, anda bisa membuat sebuah simulasi untuk menghitung besaran biaya yang akan anda keluarkan dalam membeli sebuah mobil, termasuk besaran cicilan dan uang muka yang akan dikeluarkan.

Dengan melakukan perhitungan juga akan membantu anda mengetahui jumlah pengeluaran yang harus anda keluarkan saat memiliki mobil nantinya. Jangan sampai gara-gara melakukan kredit mobil keuangan keluarga menjadi bermasalah.