Mobil Bekas

Kebutuhan akan sebuah alat transportasi massal saat Anda sudah berkeluarga apalagi punya anak memang menjadi sebuah prioritas. Pastinya Anda ingin membawa pasangan dan si kecil bepergian dengan kondisi yang nyaman dan lebih aman. Meski bisa memakai alat transportasi umum seperti bus, namun tentu akan memberikan pengalaman yang berbeda sekaligus lebih fleksibel jika memiliki mobil sendiri. Masalahnya sebagian besar adalah di pendanaan karena harga mobil yang tak murah dan terus naik dari waktu ke waktu. Solusinya adalah dengan membeli mobil bekas yang masih layak pakai sesuai dengan budget yang dimiliki. Harga jual mobil bekas tentu saja lebih ringan dan bahkan terpaut hingga 50% dengan mobil baru yang akan meringankan Anda. Namun tentu saja, pemilihan barang akan menjadi lebih selektif agar Anda mendapatkan mobil second yang handal dengan harga kompetitif.

Ingin segera mendapatkan mobil bekas idaman Anda? Agar tidak memberatkan keuangan keluarga di masa depan, namun Anda juga tetap memiliki mobil yang bisa diandalkan, berikut ini adalah tips mencari mobil bekas yang bisa diterapkan:

1. Menetapkan budget

Menetapkan budget disini termasuk menentukan apakah akan membeli secara cash maupun kredit. Jika membeli secara cash, maka berapa budget dana yang dimiliki sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan pilihan seri mobil dan tahun pembuatannya dengan harga jual sesuai. Sedangkan jika Anda memilih untuk membeli secara kredit, pertimbangkan uang muka yang bisa diberikan dan buat budget untuk nominal angsuran bulanan. Dengan begitu Anda bisa mengkombinasikannya dengan pemilihan masa tenor sehingga mendapatkan seri mobil dan tahun pembuatan yang diinginkan dan sesuai.

2. Pemilihan seri mobil

Sebaiknya tidak hanya memilih satu seri mobil yang akan dibeli namun miliki beberapa pilihan sehingga dapat membandingkan dengan lebih spesifik kelayakannya. Selain itu membeli mobil bekas juga tak sama dengan membeli mobil baru dimana semua produk yang diinginkan ada di pasaran. Anda harus mencari apakah ada penjual yang menjual mobilnya sesuai dengan seri keinginan Anda. Data terlebih dahulu alamat dan harga yang diinginkan penjual untuk kemudian dilakukan survey.

3. Tempat mencari

Untuk memudahkan Anda mencari seri mobil yang diinginkan, carilah di iklan mobil bekas online di kota Anda atau sekitarnya. Selain itu Anda juga bisa mencari di iklan kecik koran atau langsung menuju ke showroom mobil bekas yang banyak tersebar di kota besar. Akan tetapi untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau, disarankan Anda hanya memilih mobil bekas yang dijual oleh pemiliknya sesuai nama yang tertera di BPKB atau STNK.

4. Survey

Lakukan survey secara langsung ke lokasi penjual sehingga Anda bisa melihat dan mencoba mobil yang ditawarkan. Jika perlu bawalah teman yang memiliki pengalaman lebih dalam bidang mesin kendaraan untuk mengecek mobil yang ingin dibeli. Selain survey fisik, survey juga kelengkapan surat-suratnya agar Anda tidak mengeluarkan uang terlalu banyak untuk pengurusan administrasi.

5. Tawar menawar

Sebelum membeli lakukan tawar menawar untuk masalah harga. Tentu saja Anda harus mengetahui harga pasaran sebelumnya dan menyesuaikannya dengan kondisi mobil yang ada saat itu. Jika terdapat beberapa kekurangan, tawar harga mobil lebih rendah dari harga yang diminta.

Dengan memilih harga jual mobil bekasyang sesuai dengan budget dan melakukan survey secara langsung, Anda bisa memiliki mobil yang bermanfaat untuk keluarga namun tidak membawa masalah keuangan di kemudian hari.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *