Membeli Mobil Secara Cash

Mobil merupakan salah satu kebutuhan yang cukup penting bagi banyak orang. Untuk membeli mobil, kebanyakan orang-orang lebih memilih untuk menggunakan sistem kredit atau cicilan karena dianggap lebih ringan. Namun jika Anda memiliki budget yang cukup, tidak ada salahnya Anda membeli mobil dengan sistem cash atau tunai. Harga-harga mobil seperti harga Mobilio atau mobil-mobil lainnya tentu akan lebih murah jika Anda membelinya dengan tunai, karena Anda tidak akan memiliki beban bunga seperti jika Anda membelinya dengan sistem kredit.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli mobil dengan sistem tunai atau cash.

1. Tentukan budget dan jenis mobil yang Anda butuhkan

Agar Anda membeli mobil sesuai dengan kebutuhan dan bukan karena semata-mata untuk gaya, Anda perlu menentukan dan mempertimbangkan terlebih dulu jenis mobil seperti apa yang Anda butuhkan untuk aktivitas sehari-hari.

Selain menentukan jenis mobil, Anda juga perlu menentukan anggaran yang Anda miliki untuk membeli mobil tersebut. Karena Anda berencana untuk membeli dengan sistem tunai, maka penentuan anggaran ini sangat penting karena Anda harus langsung membayarkan seluruh total harga mobil saat membelinya.

Sebelumnya Anda bisa mencari-cari info mengenai harga Mobilio atau harga-harga mobil lainnya melalui internet atau mengunjungi showroom mobil agar Anda memiliki perkiraan berapa budget yang harus Anda siapkan.

2. Survey dan mencari info

Memutuskan untuk membeli sebuah mobil bukanlah suatu keputusan yang bisa diambil dengan cepat. Anda juga tidak perlu terburu-buru untuk memutuskan pilihan mobil yang akan Anda beli atau di dealer mana Anda akan membeli mobil tersebut. Berilah waktu untuk Anda melakukan survey ke berbagai dealer dan showroom untuk mencari penawaran terbaik bagi mobil yang hendak Anda beli.

Anda juga perlu mencari info-info lain seputar mobil yang Anda beli agar tidak menyesal nantinya. Carilah info mulai dari kualitas mobil, bagaimana cara perawatannya, berapa kisaran biaya untuk pajak atau perawatan, hingga kemungkinan harga jual kembali jika suatu saat Anda hendak menjualnya. Setelah Anda melakukan survey dan mencari info, barulah Anda mempersiapkan hal-hal lainnya untuk membeli mobil tersebut.

3. Siapkan uang untuk booking fee

Ketika Anda akan membeli mobil dengan sistem tunai, maka Anda perlu memberikan booking fee sebagai uang tanda jadi kepada dealer tempat Anda membeli. Besaran booking fee ini bervariatif dan tergantung pada kebijakan masing-masing dealer. Biasanya besaran booking fee yang harus dipersiapkan pembeli adalah sebesar satu hingga lima juta rupiah.

Ada baiknya Anda juga memberikan booking fee ini secara langsung kepada pihak dealer agar lebih aman dibandingkan dengan sistem transfer. Setelah Anda memberikan booking fee, Anda akan mendapatkan surat pemesanan kendaraan (SPK). Saat memberikan booking fee, negosiasikan juga dengan pihak dealer agar Anda bisa mendapatkan penawaran atau bonus-bonus lainnya dari pembelian mobil Anda.

4. Teliti dan perhatikan SPK yang Anda terima

Seperti yang sudah dijelaskan di point sebelumnya, setelah memberikan booking fee maka Anda akan mendapatkan SPK. Setelah Anda menerimanya, cek dan perhatikan SPK tersebut. Pastikan dalam SPK tercantum info-info penting seperti tanggal pemesanan, warna mobil, bonus dan diskon, serta ketentuan-ketentuan lainnya. Pastikan SPK tersebut sudah sesuai dengan apa yang Anda pesan pada dealer.

Itulah tips dan hal hal yang perlu Anda perhatikan ketika memutuskan untuk membeli mobil baru dengan sistem cash. Dengan sistem tunai, Anda bisa mendapat harga Mobilio atau harga mobil-mobil lain yang lebih murah dibanding harga dengan sistem kredit.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *