Ini dia Berbagai macam macam Tipe Kaca Rumah

December 25, 2019

Kaca merupakan bahan material yang dipergunakan untuk melindungi sinar cahaya yang ada pada rumah ataupun bangunan. Kaca biasanya digunakan untuk membuat jendela, meja, pintu, dan sebagainya.

Kaca juga berfungsi sebagai penghalang pancaran dari sinar matahari untuk melindungi Jendela rumah anda.

macam macam tipe kaca rumah

Manfaat kaca lainnya juga sebagai menghilangkan efek  pemanasan alami dari panas matahari selama musim dingin dan meminimalkan dampaknya selama musim panas dan melindungi rumah Anda terhadap kehilangan panas yang berlebihan atau keuntungan.

Berikut ini adalah beberapa alternatif jenis kaca yang dapat dipertimbangkan untuk kaca jendela :

  1. Kaca Es

Kaca es atau frosted glass adalah penyebutan umum untuk tipe kaca buram. Tentu saja tidak semua jendela di bangunan ingin terexpose begitu saja, ada beberapa bagian yang menginginkan privasi. Dengan adanya kaca es atau kaca buram, kebutuhan privasi pada ruangan akan terakomodir dengan tidak mengorbankan pencahayaan yang masuk kedalam ruangan tersebut.

  1. Kaca cermin

Kaca cermin adalah kaca yang tidak bisa  ditembus sebuah oleh satu objek tertentu. Kaca cermin juga hamper setiap hari digunakan orang untuk menghiasa tubh tertentu seperti kepala. Kaca ini sangat sesuai untuk Anda yang menginginkan privasi terjaga.

  1. Kaca Riben

Penggunaan kaca pada jendela tentu saja harus mempertimbangkan  panas yang masuk kedalam ruangan, jika didalam ruangan  dirasakan panas, ada baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan kaca Riben. Kaca riben adalah sebutan yang diberikan untuk produk kaca tinted di Indonesia oleh masyarakat awam. Kaca tinted atau kaca riben adalah kaca yang dibuat dengan bahan baku yang berbeda dengan kaca polos, sehingga bisa menghasilkan warna warna khusus.

  1. Kaca Clear

 Clear merupakan kaca yang paling umum digunakan untuk aplikasi sebagai kaca jendela. Karena sifatnya yang transparan dan menghantarkan sinar matahari yang signifikan. Kaca clear atau kaca polos adalah jenis kaca yang paling umum digunakan untuk aplikasi jendela. Saat ini kaca clear pun dapat diproses lebih lanjut dengan proses tempering (sehingga menghasilkan kaca tempered), dengan proses laminate (sehingga menghasilkan kaca laminated), atau bahkan dengan proses Double Glassing (sehingga menghasilkan kaca double glass).

  1. Kaca Low E

Untuk membuat bangunan yang memiliki performa tahan panas yang baik dan tetap memiliki penampilan yang bening atau transparent. Maka dari itu dibuatlah kaca Low E. Pada prinsipnya  sama dengan kaca reflektif, yaitu memberikan coating metal di permukaan kaca polos atau kaca extra clear dengan teknologi mesin terbaru sehingga coating tersebut memiliki performa yang tinggi tapi tidak membuat tingkat pantulan atau reflektifitas yang tinggi sehingga efek transparent pun bisa untuk tidak dikompromikan demi performa solar control.

  1. Kaca Bening

Kaca bening merupakan salah satu jenis-jenis kaca yang paling umum digunakan untuk sebuah rumah. Kaca yang sering juga disebut dengan float glass ini tidak memiliki warna dan juga memiliki permukaan yang sangat bersih dan rata. Kaca bening bersifat rata, tidak terdistorsi, dan mampu membiaskan objek hingga 90%. Wujudnya yang bening memungkinkan sinar matahari bisa masuk dengan mudah ke dalam ruangan.

Sayangnya saat menggunakan kaca bening, panasnya matahari yang terlalu terik akan mengganggu kenyamanan penghuni. Sebaiknya, tambahkan tirai untuk menghalau panas dan juga menambah privasi ke dalam ruangan jika memilih kaca bening.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+