Cara Cerdas Membayar Tagihan Kartu Kredit

December 20, 2019

Buat kamu yang sudah memiliki kartu kredit, pasti sudah punya ancang-ancang untuk melakukan pembayaran tagihan pada tanggal-tanggal tertentu.

Membayar tagihan berbeda dengan membayar arisan. Jika terlambat membayar arisan, biasanya ada dispensasi. Lain halnya jika terlambat membayar tagihan kartu kredit. Sudah pasti ada denda jika membayar melebihi tanggal jatuh tempo.

Kartu Kredit

Agar pembayaran tagihan lancar, sebetulnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi terkena denda. Lumayan juga kan kalau harus membayar denda harian dengan jumlah yang besar.

Nah, berikut ini beberapa cara cerdas membayar tagihan kartu kredit agar kamu tidak terkena denda.

Gunakan metode menabung di awal

Cara seperti ini sama halnya seperti cara menabung. Menyisihkan gajian untuk tabungan di awal bulan. Dengan menyisihkan uang sejumlah tagihan di awal bulan akan membuat tagihan kamu menjadi seimbang. Cara ini dirasa paling efektif. Tentukan tabungan sesuai dengan limit kartu. Jika limit kartu Rp 5 juta. Setidaknya kamu harus menyisihkan 30% gajian untuk persiapan penggunaan kartu.

Keuntungannya jika kartu tidak digunakan, kamu bisa mengalokasikannya ke dalam tabungan di rekening terpisah. Cara seperti ini juga ikut membantu mengontrol penggunaan kartu agar tidak melebihi limit.

Memperkirakan pengeluaran bulanan

Idealnya pengeluaran bulanan sekitar 50% dari total pendapatan setiap bulan. Sisanya bisa digunakan untuk membayar semua tagihan, dan juga untuk tabungan atau investasi masa depan. Agar bisa mengatur keuangan antara pengeluaran, tabungan dan membayar tagihan kartu, buat perencanaan keuangan dalam sebulan ke depan sehingga kamu bisa memperkirakan pengeluaran.

Batasi pengeluaran sehingga bisa memenuhi pos-pos yang sudah ditentukan seperti tabungan dan juga pembayaran kartu.

Tentukan batas minimal saldo di bank

Pembayaran kartu kredit biasanya terdapat pilihan cara pembayaran mulai dari membayar langsung lewat bank, transfer hingga proses pembayaran secara online.

Namun, kelemahan pembayaran secara online biasanya dana baru diterima setelah 24 jam. Untuk menghindari keterlambatan bisa dilakukan dengan cara debet otomatis sesuai dengan tanggal yang sudah disepakati.

Yang jelas tugas kamu hanya menentukan batas minimal saldo di bank agar pada saat debet otomatis, saldo yang dipotong tidak kurang dari jumlah tagihan.

Kurangi penggunaan kartu kredit lebih dari satu

Coba hitung berapa kartu yang saat ini kamu miliki. Jika kamu memiliki lebih dari satu kartu, pertimbangkan kembali untuk membatasi kepemilikan kartu hanya satu saja. Rasanya agak sulit memiliki lebih dari dua kartu. Energi kamu akan dihabiskan untuk gali lubang dan tutup lubang.

Agar tidak terjadi demikian, sebaiknya selesaikan dulu utang salah satu kartusebelum ditutup secara permanen.

Pembayaran kartu lebih dari satu akan membuat kamu terbebani dengan tanggal jatuh tempo. Lain halnya jika kamu hanya memiliki satu kartu. Dengan begitu kamu hanya cukup mengingat jatuh tempo pembayaran kartu dari salah satu merchant saja.

Biar praktis pilih kredit online

Agar lebih praktis sebetulnya kamu bisa menggunakan kredit online atau yang biasa disebut kartu kredit digital melalui sebuah aplikasi. Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot menggunakan kartu setiap kali bertransaksi apalagi ketika bertransaksi secara online.

Tidak perlu khawatir soal keamanannya, Kredit online menggunakan sistem keamanan OTP sehingga PIN hanya dikirimkan melalui smartphone penggunanya.

Kemudahan tersebut bisa kamu dapatkan lewat Kredivo. Kredivo punya bunga yang sangat rendah hanya 2.95% saja. Dibandingkan dengan kredit online sejenis yang bunganya bisa mencapai 1% per hari, bunga di Kredivo bisa dibilang paling rendah. Tenornya pun terbilang lebih fleksibel dari kompetitor mulai dari 3,6 sampai dengan 12 bulan. Ditambah lagi, kini terdapat layanan Pinjaman Tunai di Kredivo, yang memungkinkan pengguna mencairkan limit kredit yang diberikan ke dalam bentuk dana tunai.

Syaratnya pun nggak ribet kok. Cukup download aplikasi Kredivo lewat Google Play Store atau App Store. Kemudian lakukan pendaftaran. Syaratnya kamu sudah berusia 18 tahun, punya penghasilan minimal Rp 3 juta perbulan dan berdomisili di Jabodetabek, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, atau Denpasar.

Dengan menggunakan aplikasi kredit online seperti Kredivo, kamu bisa lebih mudah mengecek cicilan serta pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan dengan mudah secara online. Bisa dibayarkan sesuai dengan jumlah cicilan jatuh tempo tiap bulan atau membayar seluruh cicilannya di muka. Lebih simple kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+