Pekerjaan Sampingan Anak SMK

Pendidikan di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) didesain untuk menghasilkan generasi siap kerja. Sesuai dengan tujuan tersebut, anak SMK harus kreatif dan mencoba peruntungan untuk bekerja sampingan saat masih sekolah. Terdapat 7 jenis pekerjaan sampingan untuk anak SMK yang dapat disesuaikan dengan kejuruan mereka. Inilah rekomendasinya.

1. Mekanik Motor

Saat ini, para pelajar sudah mulai menekuni bisnis online untuk anak sekolah yang simpel. Sebagai anak SMK jurusan otomotif, kamu tak boleh kalah. Kamu mempunyai poin plus di bidang otomotif dan berkesempatan membuka bisnis jasa servis motor.

Kamu bisa membuka bengkel bersama teman-teman untuk menambah uang saku. Lebih dari itu, kamu dapat mengasah kemampuan dengan praktik langsung ke dalam dunia bisnis demi masa depan yang sukses kelak.

2. Jasa Pengetikan

Berikutnya, jasa pengetikan juga sangat potensial sebagai bisnis sampingan anak SMK. Peluang bisnis ini sangat besar, mengingat saat ini sudah masuk ke era digital yang menuntut semua hal diolah secara digital. Untuk itu, pengolahan tulisan dan data harus diketik.

Kamu bisa mengerjakan kegiatan ini di sela-sela kesibukan sekolah. Meskipun demikian, tetaplah membagi waktu dengan baik agar tidak mengganggu konsentrasimu untuk menuntut ilmu sebagai prioritas utama.

3. Bisnis Kerajinan Tangan

Saat ini, banyak sekali souvenir menarik yang banyak dicari. Berbagai produk kerajinan tangan adalah produk menarik yang sangat digandrungi banyak pihak. Hal tersebut tentu menjadi peluang untuk kamu anak SMK yang ada di jurusan desain.

Kamu dapat membuat aneka kerajinan tangan yang dibuat dengan cara dijahit, misalnya boneka tangan, gantungan kunci dari kain, jepit rambut aneka bentuk, bantal mini, dan sebagainya yang dapat dikreasikan sesuai imajinasimu. Jadi, kamu dapat mencari inspirasi dengan melihat produk kerajinan tangan di internet atau toko-toko aksesoris.

Semua produk tersebut tentu sangat menarik dan mempunyai nilai jual yang tidak main-main. Bahkan, fungsi dari kerajinan tangan ini sangat fleksibel karena bisa dijadikan sebagai souvenir, hadiah, ataupun hiasan, sesuai dengan fungsi dan tujuan pembelian pihak konsumen.

4. Bisnis Kuliner

Selain bisnis kerajinan tangan, terdapat bisnis kuliner yang tak kalah menjanjikan. Bahkan, bisnis yang satu ini tak akan ada matinya. Setiap orang pasti membutuhkan makanan dan minuman, sehingga bisnis kuliner merupakan bisnis yang berkelanjutan. Kamu dapat menekuninya dengan baik agar dapat menyajikan menu terbaik.

Untuk kamu anak SMK jurusan tata boga, sangat cocok membuka bisnis kuliner. Jadi, kuliner tak hanya menjadi bidang bisnis untuk anak SMA yang menghasilkan saja, anak SMK tata boga justru mampu menguasai berbagai menu untuk dipasarkan.

Pilih menu yang dikuasai dan cobalah berbisnis. Jangan lupa terapkan sisi unik dari menu yang akan diproduksi agar menarik konsumen dan bertahan lama. Pilih merek yang mudah diingat dan menarik agar persepsi konsumen langsung mengarah ke produkmu.

5. Penjahit

Jika kamu adalah anak SMK yang mendalami jurusan desain, maka penjahit adalah salah satu pekerjaan yang cocok. Pilihan pertama ini mampu dirintis sejak sekolah dan dijadikan pekerjaan sampingan yang cukup menjanjikan, termasuk ketika dilanjutkan setelah lulus sekolah.

Profesi penjahit ini sangat menjanjikan karena sudah pasti banyak orang yang akan membuat baju seragam untuk berbagai kepentingan. Kamu juga bisa menciptakan kreasi baru untuk menjahit beberapa kerajinan fungsional, misalnya bantal mini, guling, sprei, taplak meja, dan sebagainya.

Cobalah mengeksplorasi ide agar menghasilkan model pakaian sesuai tren masa kini. Munculkan sisi keunikan dari desainmu agar hasil karyanya sangat diminati. Jika sudah terbiasa praktik, kemampuan akan bertambah dan mendukung karirmu sebagai desainer sukses nantinya.

6. Web Desainer

Apakah kamu anak SMK jurusan multimedia? Jika benar, maka web desainer adalah pekerjaan sampingan untuk anak SMK yang cocok untukmu. Meskipun sebagai pekerjaan sampingan, profesi ini terbilang menjanjikan karena banyak dibutuhkan untuk beragam kepentingan.

Kamu dapat mengeksplorasi kemampuan di bidang desain multimedia dan menerapkannya untuk mendesain web. Kamu bisa membuka jasa pembuatan website dengan berbagai tawaran model dan tarifnya yang sesuai. Konsumen bisa memilih spesifikasinya. Tetaplah melakukan promosi agar bisnis kamu lebih dikenal dan kliennya semakin bertambah.

7. Jasa Servis Produk Elektronik

Membuka jasa servis untuk produk elektronik merupakan salah satu bisnis pelajar yang menguntungkan, terutama bagi anak SMK yang mengambil jurusan multimedia. Servis produk elektronik ini bisa dipilih segmentasinya, misalnya akan membuka servis ponsel, laptop, televisi, atau produk lainnya. Dengan demikian, kamu dapat membidangi salah satu atau beberapa produk.

Demikian 7 jenis pekerjaan sampingan untuk anak SMK di atas terbilang menjanjikan. Kamu sebagai anak SMK punya peluang menjalankan bisnis sendiri dengan keahlian yang sudah dimiliki dan sedang dikembangkan di sekolah. Kamu juga dapat berprestasi karena mempraktikkan dan menggali potensi diri. Jadi, kamu mampu merintis karir sejak usia muda.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *